Cibodas, Sosialisasi SIMAK-BMN 2008

Akhirnya, terlaksana juga sosialisasi Sistem Informasi dan Manjemen AKuntansi Barang Milik Negara yang diselenggarakan oleh Biro Umum dan Perlengkapan LIPI.  Sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangkan menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 171/PMK.05/2007 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat dan Keputusan Presiden Nomor 17 tahun 2007 tentang Tim Penertiban Barang Milik Negara di lingkungan LIPI.

Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu satuan kerja LIPI, Kebun Raya Cibodas – Cianjur – Jawa Barat pada Senin 27 Oktober 2008 sampai Kamis 30 Oktober 2008.   Bapak Rochadi selaku Sekretaris Utama LIPI berkenan membuka dan memberi pengarahan kepada para perserta  yang terdir dari sekitar 65 bapak-ibu pengelola BMN dari 50 satuan kerja di lingkungan LIPI.

cibodas_01Setiap peserta dibekali dengan CD yang didalamnya terdapat instaler dan manual aplikasi SIMAK-BMN maupun aplikasi Barang Persediaan, peraturan perundangan mengenai BMN dan slide dari narasumber.  Dengan begitu, ketika Bapak M. Junaidi – narasumber dari  Dirjen Perbendaharaan Departemen Keuangan – menjelaskan aplikasi SIMAK-BMN dan aplikasi Barang Persediaan, peserta dapat langsung mempraktekkannya dan langsung bertanya kepada narasumber apabila ada hal-hal yang tidak dimengerti.

Agenda yang kedua adalah menindaklanjuti Berita Acara hasil Inventarisasi dan Penilaian BMN  yang telah dilakukan oleh tim satker dan KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang) setempat.  Yang menjadi narasumber dari Direktorat BMN II Dirjen Kekayaan Negara Departemen Keuangan.  Dari 50 satker, yang telah mempunyai Berita Acara hanya 23 satker,  5 (lima) diantaranya masih harus dikonfirmasi ulang dengan KPKNL setempat karena terdapat perbedaan. Hasil berita acara tersebut harus diinput ke dalam aplikasi SIMAK-BMN melalui menu “Perubahan Nilai Koreksi Tim Penertiban Aset”.

cibodas_02Ketiga, pemaparan mekanisme penyusunan/pelaporan BMN oleh Bapak Suratno, narasumber dari Direktorat BMN I Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Departemen Keuangan. dan agenda terakhir pemaparan Konsep Revisi Petunjuk Pelaksanaan Penatausahaan BMN di lingkungan LIPI oleh tim penyusun Juklak LIPI.

Dengan terlaksananya kegiatan ini, diharapkan setiap sumber daya manusia di setiap satker di lingkungan LIPI dapat melaksanakan prinsip-prinsip dari SIMAK-BMN, yaitu ketaatan, konsistensi, kemampubandingan, materialitas, objektif dan lengkap dalam penatausahaan BMN.  Nilai aset yang tertuang dalam Neraca Laporan keuangan setiap satker per Semester II T.A. 2008 merupakan hasil proses dari aplikasi Barang Persediaan dan aplikasi SIMAK-BMN.  Selain itu, hasil Berita Acara Inventarisasi dan Penilaian BMN harus sudah tercatat di Laporan tersebut.  Dengan begitu, seperti yang diungkapkan oleh Bapak Settama, diharapkan nilai aset yang tertera dalam Neraca Laporan Keuangan satker yang juga berdampak pada Laporan Keuangan LIPI sudah merupakan nilai wajar dan sesuai dengan keadaan fisiknya di lapangan.

cibodas_031

About these ads

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: