ambon manise….

Ah…. Inilah kedua kalinya aku menginjak tanah Ambon Manise. Dag.. dig… dug… juga, bengong nengok kiri kanan. Tapi, tepat di depan pintu kedatangan bandara Pattimura, ku lihat senyum bu maryam. Padahal ini pukul 06.15 WITA. Aku telah membangunkannya, mengganggu rutinitas paginya. beliau memelukku dan menjabat tanganku erat-erat. Seakan dia tahu, memberi ketenangan pada hatiku yang sedang gundah gulana berada di tempat baru.

Kantor dengan perairan teluk terpisah oleh jalan raya. (teluk  apa ya, aku lupa  nanya)

Kantor_ambon1 kantor_ambon2 kantor_ambon3

hahaha…., acara yang paling menyenangkan di Ambon yaitu makan…..

Makan siang dulu yu di rumahnya bu maryam, barengan ama pa dapri (berdiri) n pa unang (duduk).

papeda1 papeda2

Menu hari ini adalah nasi pulen hangat, ikan cakalang asap, sambal colo-colo, pepeda n sayur ikan bumbu kuning n urapan mentah. Ikan cakalang asap beli dari pinggir jalan raya, yang ukuran gede 25rb, kalo yang kecilan 20rb. Sambal colo-colo terdiri dari irisan cabe rawit merah endut, bawang merah, kemangi, tomat diberi air pesaran jeruk. Nyam…… nyam…. nyam….. .

Aku bilang masakan sayuran ini urap karena pake kelapa parut. Tapi sayurannya – kelapa parut, toge, kacang panjang daun kemangi – mentah kaya karedok di bandung. Aneh juga makan kelapa parut mentah ya.

papeda3Perut dah kenyang banget neh, tapi bu maryam bersikukuh supaya aku nyobain papeda. Yang di baskom biru itu sagu lho, kaya lem yah. Di kasih kuah ikan bumbu kuning. Yammmi……. pa dapri n pa upang aja yang asli ambon, ga bisa nelen tu sagu. Ga bisa lewat tengorokan tuh, berulang kali berusaha di telen, tetep aja posisi masih di mulut, kata mereka. Hehehehe……… aku hebat ya, bisa ngalahin orang ambon makan papeda.

Ambon punya juga pantai pasir putih. Pantai Natsepa namanya. Sayang, aku ga bisa masuk ke kawasan wisata tsb dan menginjak pasirnya karena sudah terlalu sore. Supaya ga terlalu kecewa, akhirnya kita makan rujak di jongko2 pinggiran pantai. gimana pa dapri, enak rujaknya? heheh…. rasanya sama ko sama di jawa. hanya suasananya yang bikin beda.

natsepa1 natsepa2

Sebelum kembali ke jakarta, sesuai pesanan, aku beliin kayu putih buat temen2 di kantor. Kalo buat orang rumah, aku beliin ikan cakalang asap. Sampai sekarang pun, rasa nasi pulen hangat + cakalang asap + sambal colo2 masih terbayang-bayang…..

makasih bu iyam, makasih mamah dika, atas masakannya selama aku di ambon.

Andai ada kesempatan lagi ke ambon n tual, aku gakan sungkan2 buat ketemu temen2 lagi di sana. Mudah2 temen2 di ambon ga bosen dikunjungi aku ya…

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: