Sosialisasi Penatausahaan Persediaan Berlanjut..

Kamis, 3 Juni 2010 giliran 13 satker yang berada di wilayah Bandung, Subang, Jampangkulon, Karangsambung dan Yogyakarta yang mengikuti Sosialisasi / Workshop Penatausahaan Barang Persediaan. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, 3 – 4 Juni 2010 bertempat di Ruang Pangea lantai 2 Kantor Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI, Jl. Cisitu Bandung dan dihadiri oleh Kapus / Kepala UPT satker / pejabat yang mewakili, petugas aplikasi Persediaan dan petugas gudang.
Acara dibuka oleh Dr. Ir. Iskandar Zulkarnaen (Kapus Geoteknologi – LIPI) pada pukul 09.00. Sehubungan Bapak Sekretaris Utama tidak bisa hadir maka sambutan beliau sebagaimana ketika pembukaan acara serupa di Jakarta pada tanggal 26 – 27 Mei 2010 lalu, disampaikan oleh Ibu Dra. Betty Riyadini M.Si. (Biro Perencanaan dan Keuangan LIPI). Kemudian penyampaian laporan panitia penyelenggara oleh Kepala Bagian Perlengkapan BUP, Bapak Sunarto S.E. mewakili Ir. Agusto Wardjono Martosoedirdjo selaku penganggung jawab kegiatan.

Pembukaan Bandung

Pembukaan Bandung

Keterangan gambar : Bapak Indra Dwiyatmoko – Bapak Agung Passinoraga dari BPK RI, Dr. Ir. Iskandar Zulkarnaen, Dra. Betty Riyadini M.Si., Sunarto S.E. (kiri ke kanan)

Suasana Pembukaan

Suasana Pembukaan

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan karena berdasarkan Hasil Analisa Tim Audit BPK RI terhadap Laporan Keuangan LIPI T.A. 2009 untuk Penatausahaan Persediaan di lingkungan LIPI. belum mengarah kepada tersedianya informasi yang akurat dan tepat waktu.  Yang kedua adalah belum teradministrasinya bukti-bukti yang berkaitan dengan transaksi persediaan, baik melalui pencatatan, pemprosesan dan pelaporan transaski keuangan yang konsisten.  Terakhir adalah belum mendukungnya penyelenggaraan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat (SAPP) yang menghasilkan informasi persediaan sebagai dasar pertanggungjawaban dan pengambilan keputusan.  Sehingga dengan diadakannya Sosialisasi/Workshop ini diharapkan dapat  memberikan pemahaman mengenai Penatausahaan Barang Persediaan sesuai peraturan yang berlaku kepada pihak yang terkait.  Terutama bagi tim pelaksana dapat mengevaluasi dan mendeteksi kesalahan pada mekanisme penatausahaan barang persediaan dari mulai input – proses – output, menganalisa perilaku vendor, user dan petugas sampai membuat laporan barang persediaan di setiap akhir pelaporan dengan baik dan wajar.

Peserta Sosialisasi Bandung 1

Peserta Sosialisasi Bandung 1

Seperti acara sebelumnya di Jakarta, setiap peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan mendapat latihan soal tentang kasus-kasus yang kerap dialami oleh pejabat ataupun petugas Barang Persediaan. Untuk Bandung, perserta dibagi menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok mendapat giliran mempresentasikan soal.

Peserta Sosialisasi Bandung 2

Peserta Sosialisasi Bandung 2

___

Peserta Sosialisasi Bandung 3

Peserta Sosialisasi Bandung 3

Foto Bersama Sosialisasi Bandung

Foto Bersama Sosialisasi Bandung

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: