BUP LIPI RAIH GOOD GOVERNANCE AWARD DAN SERTIFIKASI SMM ISO 9001:2008

Hari Ulang Tahun LIPI ke-45 yang diperingati setiap tanggal 23 Agustus, untuk tahun ini dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 29 Agustus 2012 bertempat di Auditorium Lt.2 kampus LIPI Jakarta dengan tema “Bakti LIPI untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia”.

Ada yang istimewa dengan peringatan HUT LIPI tahun ini, selain sambutan dan pengarahan yang disampaikan oleh Kepala LIPI dan penyerahan penghargaan Inventor Awards, Penyerahan Karya Siswa LIPI tahun 2012, penyematan tanda kehormatan Satyalancana Wirakarta dan Satyalancana Karya Satya, dilaksanakan juga Penyerahan Penghargaan Good Governance Award bagi Pelaksana Penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan BMN dan penyerahan sertifikat Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 kepada Biro Umum dan Perlengkapan LIPI. Selama ini, LIPI menganugrahkan penghargaan kepada tokoh akademisi dan ilmuwan yang banyak berjasa di bidangnya seperti Penghargaan Sarwono Prawirohadjo dan Inventor Awards. Pada puncak peringatan HUT LIPI ke-45 inilah kali pertama LIPI memberikan Good Governance Award sebagai bentuk apresiasi atas kinerja pegawai di bidang administrasi.

Saat ini LIPI berupaya menerapkan reformasi birokrasi yang diarahkan agar terciptakan tata pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa (good governance), pemerintah yang bersih (clean government) dan bebas KKN. Untuk mewujudkan good governance bagi penyelenggaraan pemerintah, salah satu basis utamanya adalah Laporan Keuangan yang merupakan bentuk pertanggungjawaban atas pengelolaan pelaksanaan APBN. BPK RI dalam hal ini selaku lembaga tinggi negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara, telah memberikan opini “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” atas Laporan Keuangan LIPI tahun anggaran 2010 dan 2011. Opini ‘WTP’ merupakan penilaian tertinggi yang diberikan oleh BPK RI atas hasil audit akhir laporan keuangan kementerian/lembaga.

Atas prestasi tersebut, LIPI menganugerahkan penghargaan “Good Governance Award LIPI” bagi anggota Tim Pelaksana Penyusunan Laporan Keuangan dan Laporan BMN. Good Governance Award LIPI untuk Pelaksana Penyusunan Laporan Keuangan LIPI diterima oleh Bagian Verifikasi dan Perbendaharaan Biro Perencanaan dan Keuangan LIPI, sedangkan untuk Pelaksana Penyusunan Laporan BMN diterima oleh Subbagian Inventaris dan Penghapusan, Bagian Perlengkapan BUP LIPI.

SAK_BPKLIPI

Ketua LIPI Prof. Dr. Lukman Hakim, Bagian Verifikasi dan Perbendaharaan Biro Perencanaan dan Keuangan LIPI, Sekretaris Utama LIPI Dr. Ir. Djusman Sajuti.

BMN_BUPLIPI

Ketua LIPI, Sub Bagian Inventaris dan Penghapusan-Bagian Perlengkapan BUP LIPI, Sekretaris Utama LIPI

 

Keberhasilan ini seyogianya bukan milik BPK LIPI dan BUP LIPI semata, tapi lebih merupakan hasil kerja keras dan dedikasi yang telah diberikan oleh pengelola keuangan dan BMN di seluruh satuan kerja dalam pengelolaan keuangan dan Barang Milik Negara. Hal ini juga tidak terlepas dari dukungan yang maksimal dari pimpinan satuan kerja di seluruh lingkungan LIPI. Semoga dengan adanya apresiasi yang begitu besar dari pimpinan LIPI ini, dapat menjadi sumber inspirasi dan menambah semangat bagi pengelola keuangan dan BMN dalam melaksanakan pengelolaan keuangan dan Barang Milik Negara di lingkungan LIPI agar dapat lebih baik, lebih tertib dan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Selain itu, terkait dengan penerapan reformasi birokrasi dalam hal peningkatan kualitas pelayanan publik, Biro Umum dan Perlengkapan LIPI menerapkan SMM ISO 9001:2008. Persiapan penerapan SMM ISO 9001:2008 di BUP LIPI dimulai sejak Februari 2012. Diawali dengan penyadaran terhadap Sistem Manajemen Mutu kepada seluruh civitas BUP, pembentukan tim ISO, pendalaman, praktikum, dan penyusunan dokumen SMM, sosialisasi SMM organisasi, pelatihan dan audit internal berbasis ISO, sampai pelaksanaan audit eksternal yang dilakukan oleh lembaga sertifikasi. Akhirnya, pada puncak perayaan HUT LIPI yang ke-45, lembaga sertifikasi QSCert-Indonesia menyerahkan sertifikat SMM berbasis SNI ISO 9001:2008 kepada Kepala LIPI yang kemudian disampaikan ke Sekretaris Utama LIPI dan Kepala BUP LIPI. Dengan diterimanya sertifikat SMM SNI ISO 9001:2008 tersebut, BUP LIPI berkomitmen mempertahankan opini ‘Wajar Tanpa Pengecualian’ dan memberikan pelayanan kepada seluruh civitas LIPI dan pemangku kepentingan secara maksimal serta melakukan peningkatan kualitas layanan secara berkelanjutan dalam upaya mendorong kinerja yang lebih baik guna memberikan layanan dan dukungan kepada seluruh civitas LIPI terkait peran dan fungsi BUP LIPI yang lebih efektif, efesien, transparan dan akuntabel

QSCert_Indonesia_LIPI

Penyerahan sertifikat ISO dari Presiden Direktur QSCert-Indonesia Ir. Arief Syawaladi kepada Ketua LIPI

 

KepLIPI_SetamaLIPI

Penyerahan sertifikat ISO dari Ketua LIPI kepada Sekretaris Utama LIPI

Setama_BUP

Penyerahan sertifikat ISO dari Sekretaris Utama LIPI untuk Kepala Biro Umum dan Perlengkapan LIPI Amas S.E., M.M.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: