Penyusunan Laporan BMN dan Persediaan Semester I serta Sosialisasi Peraturan Pengelolaan Penatausahaan BMN LIPI Tahun 2014

Kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, Selasa – Kamis, 20 – 22 Mei 2014 di The Jayakarta Lombok Resort & Spa. Pesertanya dari 50 (lima puluh) satuan kerja di lingkungan LIPI, setiap satker mengirimkan 2 (dua) orang yang terdiri dari Penatausaha BMN dan Penatausaha Persedian. Sebagai narasumber 2 (dua) orang dari Direktorat Barang Milik Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara, Kementerian Keuangan RI.

Hari pertama (hari ke-1) diawali dengan acara pembukaan yang berisi penyampaian laporan kegiatan oleh ketua pelaksana. Dilanjutkan dengan pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Biro Umum dan Perlengkapan LIPI, Bapak Amas, S.E., M.M. Narasumber DJKN menyampaikan materi Persiapan Penyusunan Laporan BMN dan Persediaan Semester I 2014 dipandu oleh Biro Umum dan Perlengkapan selaku koordinator Penyusunan Laporan BMN tingkat LIPI.

Hari kedua (hari ke-2) pengarahan dari Wakil Kepala LIPI, Bapak Dr. Ir. Djusman Sajuti. Beliau menyampaikan bahwa pengelolaan dan penatausahaan BMN dan Barang Persediaan di setiap satuan kerja dapat memenuhi 2 (dua) tujuan, yaitu :
• Dapat menghasilkan informasi yang diperlukan sebagai alat pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN maupun untuk pelaporan manajerial;
• Dapat menghasilkan informasi sebagai dasar untuk penyusunan Neraca dari Kementerian/Lembaga dan informasi lainya untuk keperluan perencanaan kebutuhan dan penganggaran, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan juga pemeliharaan, penilaian, penghapusan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan.

DSC_1117

Acara selanjutnya adalah pemaparan Aplikasi SIMAK-BMN dan Peraturan Menteri Keuangan nomor 50/PMK.06/2014 tentang Tata Cara Penghapusan BMN oleh narasumber dari Direktorat BMN DJKN Kementerian Keuangan RI, Bapak Ikhsan Al Fattah dan Bapak Muh. Ulin Nuha.

Untuk lebih mengenal satuan kerja LIPI, mempererat silahturahim dan menjalin kebersamaan antara pengelola BMN dan Persediaan LIPI, pada kegiatan ini disempatkan untuk mengunjungi salah satu satker LIPI yang berada di Mataram – Lombok, yaitu UPT. Loka Pengembangan Bio Industri Laut Mataram. Seluruh peserta berserta panitia dan narasumber mengikuti kunjungan ini yang dilaksanakan dari siang sampai sore hari.

Kepala UPT. Loka Pengembangan Bio Industri Laut Mataram, Bapak Hendra Munandar memberikan penjelasan mengenai organisasi, misi, visi dan tupoksi UPT. Dilanjutkan dengan pemaparan dan mempraktekkan penerapan dan pengembangan budidaya biota laut yang telah dilaksanakan oleh UPT, yaitu proses budidaya mutiara.

mataram4
Hari ketiga (ke-3) Sekretaris Utama LIPI, Bapak Dr. Ir. Akmadi Abbas, M.Eng.Sc. Beliau mengingatkan agar petugas penatausaha BMN dan Penatausaha Persediaan melengkapi Daftar Barang Ruangan (DBR), melakukan pelabelan, menginventarisasi aset dalam kondisi rusak berat dan membuat Laporan Pengawasan dan Pengendalian (Wasdal) BMN.

mataram3mataram2mataram1

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: