Dari Malibu menuju Batu Payung di Pantai Merica Lombok

Saat berkunjung ke Pulau Lombok akhir April 2014 , kami sempatkan untuk menyusuri pantai barat ke arah selatan Pulau Lambok. Perjalanan dimulai dari Malibu menuju Pantai Senggigi. Jalanannya mulus, berliku, tanjakan turunan tak terasa karena sepanjang perjalanan kami disuguhi paduan warna biru – hijau laut dan putih pasir pantai disandingkan dengan lanskap biru langit bermandikan penuh sinar matahari dan perbukitan hijau yang membentuk teluk dan tanjung serta deretan pohon kelapa yang berjejer rapi, sangat eksotis !!

lombok1 lombok2Selagi menyusuri pantai, mampirlah untuk mencicipi ikan segar yang ditawarkan di pantai nelayan, Nipah. Dijamin ga bikin kantong bolong, pesanlah bakar ikan segar dengan Plecing Kangkung yang disajikan dengan sambal dadak tomat khas Sasak ditambah perasan air jeruk nipis, huuahhh…. Makan ikan segar yang empuk, kangkung dan sambal pedas… segar… sembari menikmati pemandangan pantai, sangat menggugah selera…. Jangan lupa, minuman penutupnya kelapa muda batok, slruupp… yammmy….

 

Perjalanan dari pantai barat dilanjutkan ke timur melalui rute kota Mataram – By Pass BIL (Bandara Internasional Lombok) kemudian ke selantan ke Pantai Kuta – bundaran Mandalika Resort (Novotel Hotel Lombok) – Tanjung Aan. Untuk menyusuri rute tersebut diperlukan jarak tempuh sekitar 2,5 jam.

Pantai Tanjung Aan terletak di Kuta. Bukan Pantai Kuta-nya Bali loh, di Lombok tengah juga punya Kuta. Pantai Kuta Lombok bisa dibilang Kuta-nya Bali tapi 10 tahun yang lalu. Pantainya sepi, bersih, sejauh mata memandang biru hijau laut, pasir putih, ombak yang sangat bersahabat, langit jernih dan hijau perbukitan tanpa terhalang apa pun. Cinderamata berupa gelang, kain, kaos dijajakan oleh pedagang yang jumlahnya pun hanya beberapa orang. Walaupun begitu, mereka sangat antusia dan bersemangat, kalau kita tidak berminat untuk beli, mending langsung tolak aja deh, karena begitu kita terlibat percakapan sedikit saja, mereka akan langsung nempel terrruusss….

lombok9Lanjut ke arah timur dari Pantai Kuta, akan kita temui Tanjung Aan. Pantai ini unik karena dalam satu garis pantainya mempunyai dua tipe pasir berbeda yang dipisahkan oleh batu karang yang lumayan besar. Sebelah barat Pantai Tanjung Aan, terdapat hamparan pasir putih yang sangat halus sekali dan juga bebatuan karang. Sebelah timur Pantai Tanjung Aan, terdapat hamparan pasir berwarna krem. Uniknya, butiran pasir pantainya besar-besar berbentuk seperti merica. Mangkanya dibilang Pantai Merica hehehe…

lombok6

 

lombok7Nah.. klo sudah di Tanjung Aan, lanjut mengunjungi Batu Payung. Batu Payungnya ada di balik bukit besar yang menjorok ke laut. Lewat jalur darat sebenarnya bisa seh, tapi saya rekomendasikan lewat jalur laut memutar bukit tersebut dengan perahu yang ditawarkan oleh penduduk setempat. Jangan sungkan-sungkan untuk menawar biaya sewa perahu sampai 50% dari harga yang ditawarkan. Mereka kooperatip ko hihihi…

lombok3

Seru loh naek perahu nelayan. Rasakan sensasinya mengarungi samudera hindia (walau hanya ditepiannya😛 ), mulai dari tepian pantai yang berwarna hijau, dengan jernihnya air kita bisa melihat hamparan batu karang di dasarnya. Semakin ke tengah air laut berubah menjadi biru (tanda laut dalam y?!) tapi ombaknya sangat bersahabat bikin kita semakin enjoy n rilex menikmati hasil ciptaanNya.  Dan… setelah memutari bukit (drum pleaseee….) tampak dikejauhan Batu Payung tegak menantang diantara hamparan batu karang dan pasir putih berlatar belakang laut dan bukit karang.

lombok4 lombok5

Bentuknya seh klo menurutku g kaya payung ya, tapi lebih mirip sarung baseball, atau telapak tangan yang siap untuk ber-HI FIVE!!😀

 

 

 

 

 

 

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: